CAPTURE, CREAT, COMMUNICATE: KUPAS TUNTAS FOTOGRAFI PRODUK DAN VISUAL STORRY TELLING

Serang, 19 September 2024 - Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) kembali menggelar kegiatan inovatif dengan mengadakan Workshop Pemanfaatan AI untuk Fotografi dan Desain bertema "Capture, Create, Communicate: Unlocking The Secrets of Product Photography and Visual Storytelling". Acara ini diselenggarakan pada hari Kamis, 19 September 2024 di Ruang Multimedia, Gedung Rektorat UNTIRTA Kampus Sindangsari. Kegiatan ini dihadiri oleh para dosen, narasumber, serta para mahasiswa yang ingin mendalami soal fotografi produk dan desain serta pemanfaatan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dalam dunia kreatif.

Kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi antara mahasiswa dan pihak Prodi Ilmu Komunikasi, yang bertujuan memperkaya pengetahuan mahasiswa di luar kelas, terutama mengenai pemanfaatan teknologi AI dalam dunia kreatif. Zunnun, selaku Humas acara, menyampaikan bahwa workshop ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menggali lebih dalam soal fotografi dan desain.

Sesi materi dipandu oleh Rahel Mutia sebagai moderator. Pemateri pertama, Incu Putu, seorang pemilik bisnis gula aren dan ahli dibidang fotografi produk , Incu Putu memberikan materi mengenai dasar-dasar fotografi produk serta bagaimana AI bisa mempermudah fotografer dalam menghasilkan gambar berkualitas tinggi poin penting yang dapat di highlight adalah Ai memang sangat membantu pekerjaan manusia akan tetapi Ai tidak akan bisa menggantikan pekerjaan dibidang kreatif karena tidak memiliki human sense dan kreativitas seperti yang manusia miliki. Pemateri kedua dilanjutkan oleh Lilian Dwinanda, seorang Design Analyst, yang menjelaskan prinsip dan elemen desain dalam konteks promosi produk. Ia juga memberikan tips praktis tentang bagaimana merancang visual yang menarik dan efektif. pembelajaran yang dapat diambil adalah bagaimana desain (rancangan) yang ada di setiap kepala manusia dapat dituangkan ke sebuah media.

Di akhir acara, peserta diberikan tantangan untuk mempraktikkan ilmu yang baru saja dipelajari. Peserta ditugaskan mendesain konten promosi dengan produk pilihan masing-masing, mulai dari mengambil foto hingga membuat desain promosi yang menarik. Hasil karya para peserta kemudian dievaluasi oleh narasumber. Lilian dan Incu memberikan masukan langsung terkait kekuatan dan kelemahan dari setiap desain yang dipresentasikan. Lalu, narasumber dan panitia juga memberikan hadiah menarik bagi peserta dengan karya terbaik. Penghargaan ini semakin meningkatkan semangat peserta untuk berkompetisi sekaligus menerapkan ilmu yang mereka dapatkan selama workshop. terlihat dari pemenang yang mereka berdua pilih, Lilian menekankan bahwa dalam desain harus ada sesuatu yang eye catching sehingga dapat menarik perhatian saat pertama kali melihat , seperti hook dalam sebuah konten digital, sedangkan Incu menekankan bahwa sebuah foto yang baik dilihat dari banyak aspek mulai dari angle, objek sekitar, warna dari objek utama dan objek pendukung, serta font yang dipakai untuk menonjolkan kesan yang ingin dibangun.

“Seru banget ya, karena ini untuk kita para generasi Z itu sangat insightful. mana itu menambah pengetahuan kita, pemahaman kita di era digitalisasi ini. Pastinya itu bermanfaat banget sih diadakannya workshop pelatihan kayak gini,” ujar Fidya salah satu mahasiswa yang mengungkapkan tentang antusiasmenya.

Selain itu, Rian, mahasiswa Ilmu Komunikasi, mengungkapkan bahwa workshop ini sangat membuka wawasannya mengenai potensi AI dalam pekerjaan kreatif. “Banyak insight yang diambil, kayak kita belajar gimana fotografi yang baik, kayak komposisi komposisi foto nya gimana, terus kayak edit-edit nya gimana, terus kita belajar desain, multimedia storytelling nya kita belajar dari gimana cara menargetkan pasar yang tepat untuk sebuah produk.” katanya.

Tak hanya dari kalangan mahasiswa yang begitu antusias, Lilian Dwinanda selaku pemateri juga mengungkapkan pengalamannya dalam acara tersebut, “Ini pengalaman yang berharga banget, karena temen-temen di Ilmu Komunikasi semua antusias, kemudian juga menyimak dengan baik, semoga beberapa ada yang setelah dari sini mungkin mau mulai bergerak gitu ya, seru aja sih hari ini seneng bisa ada disini,” ujar nya.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan wawasan mahasiswa Ilmu Komunikasi UNTIRTA dalam implementasi fotografi dan desain yang lebih baik. Melalui pemahaman tersebut, diharapkan para mahasiswa menjadi lebih siap dan kreatif, serta tanggap pada tantangan dan kesempatan di bidang kreatif yang akan mereka hadapi di masa depan.


User Image

Ajeng Annastasya Bukhori

20/09/2024 08:06